Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) Batu Ampar

batuampar@sideka.id                28 Mei 2018  Kampung Batu Ampar Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang Pengembangan Usaha Penggemukan Sapi sebagai Bisnis Badan Usaha Milik Kampung ( BUMKam ) .

Badan Usaha Milik Kampung Batu Ampar yang sering kita sebut BUMKam memang sudah di bentuk dari tahun 2016 yang diberi nama ” Maju Bersama “ . Namun pada tahun 2016 usaha yang di jalani BUMKam Batu Ampar masih Simpan Pinjam saja. Pada Tahun 2017 menambah usaha yaitu Penggemukan Sapi .

 

Gambar 01 Rapat BUMKam Tentang Usaha Bumkan Tahun 2017 Dan Seterusnya ( Doc Kampung )

Pada Rapat 08 Januari 2018 yang di Pimpin Oleh Kepala Kampung, dan yang dihadiri  Aparatur Kampung, Ketua RK, Ketua RT , Ketua LPM dan Anggota nya, Ketua BPK dan Anggotanya dan Tokoh Masyarakat. Menyepakati bahwasanya usaha BUMKam di tahun 2017 untuk             Pengembangan Usaha BUMKam yaitu “ Penggemukan Sapi ” . Di khusus kan bahwa sapi yang  gunakan untuk Penggemukan yaitu Sapi Jantan. Jadi pembelian  sapi umur sekitar 5 – 6 Bulan dan setelah umur 10 Bulan Lebih baru sapi tersebut dijual kembali  dan tentunya dengan Harga lebih tinggi karena bobot telah bertambah. Hasil dari penjualan nantinya akan di belikan lagi sapi yang lebih muda  dan sapi diberikan kepada Warga Kampung yang siap memelihara.

Gambar 02 Sapi BUMKam Yang Sedang Merumput Atau Di Gembalakan Oleh Penggadu ( Doc Kampung )

Pada Anggaran Dana Desa Tahun 2017 BUMKam Maju Bersama Mendapat Kan Tambahan Modal Yaitu 71.000.000 ,Pada Tanggal 11 Januari 2018 Pengelola BUMKam langsung membelikan 7 Ekor Sapi. Sapi tersebut dipelihara di satu tempat oleh Bpk. IYON TARYONO sebagai Pemelihara Sapi BUMKam.

Gambar 03 Proses Perawatan Dan Penyuntikan Sapi, Untuk Memberikan Kekebalan tubuh dan anti virus Pada Sapi BUMKam (Doc Kampung )

Ternak Sapi BUMKam ini di beri pengawasan dan pengecekan kesehatan sapi secara berkala oleh Pengurus BUMKam, Satu kali dalam satu bulan dilakukan  Penyuntikan Sapi BUMKam tersebut agar terhindar dari penyakit. Karena penyakit sapi yang sudah mulai menyerang ternak sapi di wilayah Kampung Batu Ampar. Maka  Penyuntikan Sapi tersebut dilakukan Untuk Mencegah Virus Atau Penyakit Sapi Khususnya.

 

**( Jum-Put)**

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan